Etensi.com

Informasi Berita Kaltim Terbaru Hari Ini

Keberadaan Arsip Perkuat Jati Diri Bangsa

Abdi Firdaus memacakan pandangan Fraksi Partai Demokrat dalam Rapat Paripurna ke 31 tentang Rancanangan Peraturan Daerah Mengenai Pedoman Tata Kearsipan di lingkungan pemerintah daerah

SANGATTA- Keberadaan arsip suatu bangsa akan memperkuat jati diri bangsa tersebut dan oleh sebab itu kepemilikan arsip mesti diikuti pengelolaan kearsipan, sehingga seluruh kegiatan pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan dapat ditemukan buktinya di dalam arsip itu.

“Semakin banyak ditemukan bukti kearsipan akan menguatkan kedudukan sebagai bangsa yang bermartabat,” ucap Abdi Firdaus saat memacakan pandangan Fraksi Partai Demokrat dalam Rapat Paripurna ke 31 tentang Rancanangan Peraturan Daerah Mengenai Pedoman Tata Kearsipan di lingkungan pemerintah daerah, Rabu (24/08/2022).

Fungsi arsip, sambung Abdi biasa di panggil, sangatlah penting dalam perjalanan organisasi baik organisasi pemerintah maupun swasta, sangat berguna untuk mengambil keputusan dan dapat dijadikan alat bukti bila terjadi masalah dan dapat dijadikan alat pertanggungjawaban management serta dapat dijadikan alat transparmasi kinerja birokrasi.Selain itu arsip dapat bermanfaat optimal bagi organisasi apabila dikelola dengan tertib dan teratur. Namum sebaliknya, jika arsip tidak dikelola dengan baik, maka akan menimbulkan kesulitan.

“Serta berpengaruh terhadap kinerja tupoksi aparatur. Apabila suatu arsip sulit ditemukan, maka akan menjadi masalah. Itulah hal yang membuat kompleks dalam mengambil keputusan,” ungkapnya.

Sebagian masyarakat bahkan organisasi masih menganggap sepele terkait pengelolaan arsip ahkan cenderung menyepelekan, padahal perjalanan seuah organisasi tidak lepas dari lingkup administrasi, salah satunya melalui pengelolaan arsip, maka perlu adanya pengelolaan yang serius, seperti adanya sistem pengelolaan arsip efektif, pengelolaan sistem yang berguna daya, serta evaluasi secara tajam dan terus-menerus untuk pelaksaan sistem itu sendiri yang didukung oleh unsur SDM yang mumpuni serta anggaran yang memadai.

“Kami dari Fraksi Demokrat sangat mendukung pembahasan Raperda untuk kemudian disahkan menjadi perda ini oleh pemerintah dan DPRD, yang muaranya bisa jadi salah satu pedoman yang baik dalam mendukung kinerja pemerintah,” pungkasnya.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini