Etensi.com

Informasi Berita Kaltim Terbaru Hari Ini

Kutim Andalkan Pisang Sebagai Salah Satu Komoditi Ekspor

KUTAI TIMUR -Kutim Andalkan Pisang Sebagai Salah satu Komoditi Ekspor, hal ini disampaikan langsung oleh Kadisperindag, Kutim telah melakukan Ekspor Pisang Ke Luar Negeri ungkapnya.

Tanaman Pisang tumbuh subur di wilayang Kabupaten Kutai Timur. Tak heran bila saat ini Kab. Kutim terkenal dengan ekspor pisang hingga ke luar negara.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutim, Zaini menyampaikan pihaknya pernah memberikan mesin penghalus atau pengubah pisah menjadi tepung.

Yang mana hasil tepung ini yang nantinya akan diekspor ke luar negeri sebagai salah satu olahan dari pisang.

“Tahun ini saya usulkan sebenarnya, tapi belum tau kedepannya apakah akan dikabulkan atau seperti apa,” ucapnya, Jum’at (19/11/2021).

Dibeberkannya juga perbandingan apabila pisang utuh yang dikirim maka akan memakan tempat dan biaya transportasi yang banyak, namun apabila dijadikan tepung maka akan menghemat tempat serta pembiayaan transportasi.

Kalau kita ekspor pisang utuh, pasti akan makan tempat banyak hingga bertandan-tandan, tapi kalau kita jadikan tepung hanya jadi beberapa kilo saja. Kita juga punya contoh seperti di Malaysia kan menerapkan hal yang sama,” ungkapnya.

Selain itu pihaknya pernah memberikan alat tersebut salah satu Kecamatan yakni Kaliorang, namun tidak terpakai hingga kini atau mangkrak.

Hal tersebut dikarenakan tingginya daya listrik yang dibutuhkan untuk menghidupkan alat tersebut. Kurang lebih sebesar 5000 volt, dan Kecamatan Kaliorang tidak memiliki daya sebesar itu.

“Pihak kita juga sudah meminta pada pak Bupati agar hal ini diakomodir agar hasil dari Sumber Daya Alam (SDA) kita bisa kita kelola juga disini.(Adv)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini